DOA-DOA MUNAJAT IMAM AL-GHAZALI

DOA-DOA  MUNAJAT IMAM AL-GHAZALI
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَأَجِلِهِ مَاعَلِمْتُ مِنْهُ وَمَالَمْ أَعْلَمْ, وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَأَجِلِهِ مَاعَلِمْتُ مِنْهُ وَمَالَمْ أَعْلَمْ, وَأَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ اِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ وَعَمَلٍ, وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ اِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ وَعَمَلٍ, وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَاسَأَلَكَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسلَّمْ, وَأَسْتَعِيْذُكَ مِمَّا اسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ, وَأَسْأَلُكَ مَا قَضَيْتَ لِي مِنْ أَمْرٍ أَنْ تَجْعَلَ عَاقِبَتَهُ رُشْدًا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
 
يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ, لاَ تَكِلْنِيْ اِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ, وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ.
 
اَللَّهُمَّ اِنَّ هَذَا خَلْقٌ جَدِيْدٌ فَافْتَحْهُ عَلَيَّ بِطَاعَتِكَ, وَاخْتِمْهُ لِي بِمَغْفِرَتِكَ وَرِضْوَانِكَ, وَارْزُقْنِي فِيْهِ حَسَنَةً تَقْبَلُهَا مِنِّي, وَزَكِّهَا وَضَعٍّفْهَا لِي, وَمَا عَمِلْتُ فِيْهِ مِنْ سَيِّئَةٍ فَاغْفِرْهَا لِي اِنَّكَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ وَدُوْدٌ كَرِيْمٌ.
 
اَللَّهُمَّ اِنِّي أَصْبَحْتُ لاَ أَسْتَطِيْعُ دَفْعَ مَا أَكْرَهُ, وَلاَ أَمْلِكُ نَفْعَ مَا أَرْجُوْ, وَأَصْبَحَ اْلآَمْرُ بِيَدِ غَيْرِي, وَأَصْبَحْتُ مُرْتَهَنًا بِعَمَلِي, فَلاَ فَقِيْرَ أَفْقَرُ مِنِّي, اَللَّهُمَّ لاَ تُشْمِتْ بِي عَدُوِّي, وَلاَ تَسُؤْبِي صَدِيْقِي, وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتِي فِي دِيْنِي, وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّي, وّلاَ تُسَلِّطْ عَلَيَّ مَنْ لاَ يَرْحَمُنِي يَا حَيُّ يَاقَيُّوْمُ.
 
اَللَّهُمَّ اِنِّي ضَعِيْفُ فَقَوِّفِي رِضَاكَ ضَعْفِي, وَخُذْ اِلَى الْخَيْرِ بِنَاصِيَتِي, وَاجْعَلِ اْلاِسْلاَمَ مُنْتَهَى رِضَايَ, اَللَّهُمَّ اِنِّي ضَعِيْفٌ فَقَوِّنِي, وَاِنِّي ذَلِيْلٌ فَأَعِزَّنِي, وَاِنِّي فَقِيْرٌ فَأَغْنِنِي, يَا أَرَحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
 
اَللَّهُمَّ اهْدِنِى مِنْ عِنْدِكَ وَاَفِضْ عَلَيَّ مِنْ فَضْلِكَ وَانْشُرْ عَلَيَّ مِنْ رَحْمَتِكَ وَاَنْزِلْ عَلَيَّ مِنْ بَرَكاَتِكَ.
 
اَللَّهُمَّ اِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّى وَعَلاَ نِيَتِى فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِى وَتَعْلَمُ حَاجَتِى فَاعْطَنِى سُؤَلِى وَتَعْلَمُ مَا فِى نَفْسِى فَاغْفِرْلِى ذُنُوْبِ. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ اِيْمَانًا تُبَاشِرُ قَلْبِى وَيَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِى اِلاَّ مَاكَتَبْتَهُ عَلَيَّ وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِى يَا ذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ.
 
اَللَّهُمَّ اِنَّكَ سَلَطْتَ عَلَيْنَا عَدُوًّا بَصِيْرًا بِعُيُوْبِنَا مُطَّلِعًا عَلَى عَوْرَاتِنَا, يَرَانَا هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ نَرَاهُ. اَللَّهُمَّ فَآيِسْهُ مِنَّا كَمَا آيَسْتَهُ مِنْ رَحْمَتِكَ, وَقَنِّطْهُ مِنَّا كَمَا قَنَّطْتَهُ مِنْ عَفْوِكَ. وَبَاعِدْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ, كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ جَنَّتِكَ, اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.
 
“Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu seluruh kebaikan, baik sekarang maupun yang akan datang, kebaikan yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari seluruh kejelekan, baik sekarang maupun yang akan datang, kejelekan yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Aku memohon surga kepada-Mu dan segala ucapan dan perbuatan yang bisa mendekatkan (mengantarkan) kepadanya. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala ucapan dan perbuatan yang bisa mendekatkan (menjerumuskan) ke neraka. Aku memohon kepada-Mu kebaikan yang hamba dan utusan-Mu Muhammad saw. pernah memohon kepada-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari apa saja yang hamba dan utusan-Mu Muhammad saw. pernah memohon perlindungan kepada-Mu darinya, dan aku memohon kepada-Mu perkara yang Engkau putuskan kepadaku hendaknya pada akhirnya Engkau jadikan petunjuk yang lurus dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih dari semua yang memiliki rasa belas kasih.”

“Wahai Dzat Yang Maha Hidup, wahai Dzat Yang terus menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan. Janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku sendiri dan perbaikilah keadaanku semuanya.”

“Ya Alloh, sesungguhnya dunia ini adalah makhluk yang baru, maka bukakanlah kepadaku untuk bisa taat kepada-Mu, dan tutuplah untukku dengan ampunan dan ridha-Mu, karuniakan kepadaku kebaikan di dalamnya yang Engkau bisa menerimanya, bersihkan dan lipat-gandakanlah untukku. Kejelekan yang aku lakukan di dalamnya hendaknya Engkau mengampuninya, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang dan Maha Mulia.”

“Ya Alloh, sesungguhnya aku telah memasuki waktu pagi, aku tidak mampu menolak apa yang aku tidak sukai dan tidak dapat mendapatkan manfaat yang aku harapkan dan segala urusan berada di tangan-Mu, bukan di tangan selain-Mu. Dan aku tergadai dengan amalku, maka tiada orang fakir yang lebih fakir daripada aku kepada Engkau. Ya Alloh janganlah Engkau turunkan musibah kepadaku yang membuat musuhku gembira dan membuat sahabatku bersedih. Janganlah Engkau jadikan urusan dunia menjadi keinginanku yang terbesar, dan janganlah Engkau kuasakan atasku orang yang tidak menyayangiku. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, wahai Dzat Yang terus menerus mengurus makhluk-Nya.”

“Ya Alloh, sesungguhnya diriku sangat lemah, maka kuatkanlah diriku dalam keridhaanmu. Bawalah tujuanku kearah kebajikan dan jadikanlah agama Islam sebagai akhir dari keridhaanku. Ya Alloh sungguh diriku sangat lemah, maka kuatkanlah. Diriku sangat hina, maka muliakanlah. Dan diriku sangat fakir, maka kayakanlah, Wahai Dzat Yang Maha Pengasih.”

“Ya Alloh, berilah aku petunjuk dari sisi Mu, limpahkanlah karunia Mu kepadaku, tebarkanlah rahmat Mu kepadaku, dan turunkanlah keberkatan kepadaku.”
 
“Ya Alloh, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui terhadap yang rahasia dan terang terangan dari diriku, maka terimalah segala udzurku. Engkau mengetahui segala kebutuhanku, maka penuhilah. Dan Engkau mengetahui segala kejelekan yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosa dosaku. Ya Alloh, aku memohon kepada Mu iman yang terpatri dalam hati dan keyakinan yang benar sehingga aku mengetahui bahwa tidak akan ada sesuatu yang menimpa diriku kecuali atas ketentuan yang Engkau tulis buatku, dan ridho terhadap apa yang Engkau bagikan kepadaku, Wahai Dzat Yang Maha Agung lagi Maha Mulia.”

“Ya Alloh, sesungguhnya Engkau telah menguasakan kepada kami, musuh yang melihat dan mengetahui aib aib kami, ia melihat kami sedangkan kami tak dapat melihat mereka. Ya Alloh, jadikanlah ia (musuh kami) putus asa terhadap kami sebagaimana Engkau telah menjadikan ia putus asa dari rahmat Mu, buatlah ia putus harapan terhadap kami sebagaimana Engkau telah menjadikan ia putus asa dari ampunan Mu, dan jauhkanlah antara kami dengnnya sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara dia dengan surga Mu. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

By : Tajudin an-Nadwi al-Barosi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Singkat KH. Muhammad Anis Fu’ad Hasyim Buntet Cirebon

Amalan Supaya Cepat Mendapatkan Jodoh.